Rabu, 05 Mei 2010

1juz cuma 8 lembar



5u tny lg…sy kn cm pny al-qur an yg 8 lmbr ja gmn..trs sy jg blm pny bku al ma’tsurotnya… 6 Maret 2010, pkl.19.06 WIB. Nur, ROHIS MAN Purwokerto 2

Beda qur an beda jumlah isi per juznya.Qur an terbitan Timur Tengah rata-rata 10 lembar per juz dengan cirri khas akhir halaman pasti akhir ayat. Maka quran ini sering disebut qur an pojok. Sedangkan cetakan Indonesia yang ada di mushola dan masjid kita, yang buram kertasnya umumnya 9 lembar. Qur an jenis bukan qur an pojok. Bisa jadi beda penerbit beda pula jumlahnya, termasuk ang 8 lembar ini.
Tidak usah bingung, caranya mudanh sekali. Bagi saja 8 lembar tadi ke 5 waktu sholat atau berapa pun waktu sholat yang kita mampu membaca setelahnya. Ada kasus seorag teman kita yang ’hanya’ bisa membagi 1juz kedalam 3 waktu sholat sebab dhuhur dan ashar ia tidak sempat. Kasus lain, satu anggota komunitas 1day1juz dari Tembagapura Papua, beliau ’cuma’ bisa membaca 1juz di 2 waktu; subuh dan isya sebab beliau bekerja di PT Freeport yang terkenal itu. Sungguh akan ada azzam yang dahsyat.
Kembali ke 8 lembar tadi. Kita bisa membaginya menjadi 2-1-1-2-2. Atau sekreatif kita dan semampu kita. Bisa 2-2-2-1-1 atau pola lainya yang penting 8 lembar itu bisa kelar dibaca dalam 1 hari. Komunitas 1day1juz memakruhkan memborong bacaan 1 juz dalam satu waktu saja, misal ba’da maghrib meskipun kita bisa. Selamat mencoba.

Purwokerto Kota Satria
3 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar