Rabu, 19 Mei 2010

Makruh membaca 1juz dalam 1 waktu



"Komunitas 1day1juz memakruhkan memborong bacaan 1 juz dalam satu waktu saja,"--> koq bs?? Komentar dari facebook Salma batik & tenun

Sejarah 1day1juz tidak bisa dilepaskan dari ibadah fardhu ‘ain sholat 5 waktu yang kita lakukan sehari semalam. Dari sinilah lahir rumus 2 x 5 yakni 2 lembar setelah setiap sholat wajib kita. Polanya akan terlihat jelas dan manis ; 2-2-2-2-2. Inilah yang Rasul Saw katakan bahwa Alloh menyukai amal yang sedikit tapi konsisten. Inilah ruh 1 day1juz ; keistiqomahan.
Banyak orang kaget lalu pesimis ketika ditantang membaca Al Qur an sehari 1juz sehari.Bak memindahkan gunung Slamet. Berat sekali dan hampir tidak bisa. Kalau kita berfikir 1juz, sekitar 9-10 lembar kita baca dalam satu waktu, mungkin akan terasa berat. Sama halnya bila, -sebenarnya Rasul Saw melarang kata ‘seandainya’-, sholat wajib disatukan pelaksanaanya dalam satu waktu. Silakan sholat 17 rakaat dengan satu salam. Duuh betapa beratnya. Bisa dipastikan banyak yang gagal dengan alasan capek kerja, ada rapat, lembur, keluar kota dan lain sebagainya. Wong kita sholat tarawih yang hanya 11 rakaat saja kadang protes. Masya Alloh.
Islam itu mudah, tidak menyulitkan ummatnya. Maka 1day1juz juga mudah. Begin from the end, mulailah dari akhir. 9 atau 10 lembar itu kita bagi saja mengikuti sholat wajib kita. Mudah bukan ?. Oke lah kalo begitu, selamat mencoba.

Purwokerto Kota Satria
17 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar