Kamis, 27 Mei 2010

1day1juz dan situasi abnormal



“Brngsiap yg tdk mmprindah suarny ktka mmbaca al quran,mk dia tdk trmsuk golngn kmi” (HR Bukhari). Ana dsini krjny 8jm/hr.Dn msh bljr..! 9 Maret 2010 pukul.08.35 wib. Udin, asli Kedung banteng Banyumas. Kerja di sebuah kawasan industri di Jakarta.
Mesam-mesem saya bales,
1day1juz dg 2x5 brlaku dlm situasi normal. Antum ‘abnormal’ monggo diatur wktunya, hrs ad bts bwh,misl, ½ juz /smampu antum.f1 klo mbebani.

Udin, saya lupa nama lengkapnya. Kita bertemu di kajian Sabtu sore di Masjid Agung Baitussalam akhir 2009 lalu. Mas Udin saya bangga punya teman kaya Anda. Masih mau berjuang untuk tetap membaca Al Qur an meskipun waktu sangat terbatas. Kerja di sebuah kawasan industri memang menguras waktu dan tenaga sehingga terkadang ibadah terbengkelai. Hanya orang yang memiliki kesadaran berislam tinggi lah yang akan konsisten.
Jadi 1day1juz dengan 2x5 tidak berlaku pada mas Udin. Fattaqullaha mastatho’tum, Alloh Yang Maha Gagah memerintahkan kita untuk bertaqwa sesuai kadar kita, semampu kita. Kita bisa lihat kesibukan kita sehari-hari. Jika dengan ber-1day1juz 2x5 malah membuat pekerjaan utama kita terganggu (tidak amanah) di sisi lain sebenarnya masih ada waktu lain dimana kita bisa menyelesaikan 1juz maka itu tidak boleh dilakukan. Bekerjalah dengan baik selama 8 jam itu sebab itu juga ibadah bahkan bernilai jihad bagi keluarga. Optimalkan waktu yang ada selepas bekerja untuk merampungkan 1juz, bisa ba’da maghrib atau ba’da isya. Atau sebelum tidur dan ba’da subuh. Bila tak mampu ambillah batas bawah yakni tiada hari tanpa bacaan Qur an, berapa ayat pun, berapa halaman pun. Wajahidu fillahi haqa jihadihi.

Purwokerto Kota Satria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar