Rabu, 14 April 2010

1day1juz jadi halaqah



Aslmkm afwan mas bayu,bgmn low 1day1juz diadakan smacam kholaqoh.oy ad platihan bc quran dg baik or bnar?ju2r bacaan sy msh krng baik! Maturnuwun. Shiroh-Baturraden, 3 Februari pkl.11.07 wib

Bentuk awal dan dasar dari 1day1juz adalah individual.Ini merupakan amalan pribadi (tarbiyah dzatiyah). Namun bila ada beberapa individu muslim melakukan 1day1juz bersama-sama maka amal ini layak menjadi amal jama’i (aktivitas bersama). Dalam rubrik ‘kiat’ bulletin LABBAIK tertulis bahwa siapapun yang sukses ber’1day1juz supaya mengajak 5 teman dan bersama-sama ber’1day1juz. Jadi bentuk selanjutnya dari 1day1juz memang kelompok (halaqoh).
Banyak manfaat atau kelebihan dari halaqoh 1day1juz. Ada kebersamaan, ada ukhuwwah ada persatuan. Kelompk ini bisa bertemu 1 pekan sekali sesuai kesepakatan baik waktu maupun tempat.
Misal, Anda dan 4 kawan berjanji bertemu dan sholat Dhuhur di Masjid Agung Baitussalam Kabupaten Banyumas. Setelah dzikir dan doa sholat, Anda dkk bersila melingkar di satu sudut masjid. Setiap orang membaca 2 lembar kedua (ingat rumus 2 x 5). Kemudian Anda memilih 1 ayat diantara 2 lembar tadi lalu mentadaburinya. Lebih bagus lagi jika bisa meminjam kitab tafsir qur an di perpustakaan masjid. Hmm, alangkah indahnya. 20 menit yang amat bermakna. Setuju ?

Purwokerto Kota Satria
8 April 2010 / 23 Rabiul tsani 1431
Komunitas 1day1juz Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar