Jumat, 05 Februari 2010

masa kon ngulang ?

Maaf pak sy dah smpe juz 24 masa kon ngulang ?
SMS balasan dari salah satu anggota komunitas 1day1juz menyusup pada 31 Januari 2010.pkl19.45 WIB, persis 5 menit setelah sholat ‘Isya. Ini SMS yang membuatnya ‘protes’.
‘sungguh,org2 yg b’iman&b’bwt kbaikn,mreka tu sbaik2 makhluk’.jus30,qs.albayyinah [98]:7.bsk qt smua srempak baca dr juz1 dg rumus 2x5. salam 1day1juz.081327646481.Saya balas sambil tersenyum.
bkn ngulang, tp mulai dari juz1. yg kmrn ttap bpahala.tp klo mw lnjt ke juz25 jg gpp. bpatokan pd klndr masehi utk mmpermudah pmantauan sj. Add jg yg pk kldr hjryh.SENT

Juz berapa pun kita saat ini, mulailah dari awal; juz 1. Tidak ada ruginya kembali ke juz 1 lalu membaca lagi juz-juz berikutnya. Pahala dari ribuan huruf hijaiyah yang dibaca beberapa hari yang lalu tak ’kan hilang. Alloh Yang Maha Teliti pasti telah mencatatnya.
Salah satu ’aturan’ dalam 1day1juz adalah pemakaian kalender sebagai acuan dalam membaca Al-Qur an. Penanggalan itu berfungsi untuk memudahkan saja. Ya, semacam jembatan keledai saat kita belajar dulu atau seperti peta pikiran [mind map]. Kita bisa memilih untuk menggunakan kalender masehi atau hijriyah.
Bila kita memilih kalender masehi maka kita akan memulai juz baru pada ba’da subuh dan akan selesai ba’da isyaa’. Jika memilih kalender hijriyah ber’arti kita memulai juz bari ba’da ashar dan berakhir ba’da dhuhur. Bila Anda baru bergabung dengan komunitas 1day1juz, maka mulailah dari juz yang sama dengan kalender hari ini.Misal hari ini 16 Januari 2010 maka bacalah juz 16.
Manfaat lain dari pemakaian kalender ini adalah seandainya suatu hari kita bepergian atau sibuk kerja sehingga lupa sudah sampai juz berapa kita hari ini maka kita tinggal melihat kalender saja. Enak to? Selamat mencoba !
Purwokerto Kota Satria
16 Shafar 1431/ 1 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar