Jumat, 12 Februari 2010

1 day 1juz bisa dirapel ?

Af1 akh bayu, ida gnggu lg. Ntar klo mslnya bcanya dbrong gpp kn,mksdny ida kn klo pas asar ska g smpt bt bca qur’an,blh kn klo pas dzuhur bcanya 4 lmbr,gt? 27 /10/2010 pkl.16.01 wib
Monggo sj mba, 2 x 5 tu blaku dlm konds norml,artiny g bnyk ksibukn.met mcoba ! SENT

Untuk melengkapi jawaban SMS diatas, berikut saya kutipkan bahasan tentang 2 x 5 dalam buku ‘1 day 1 juz ; teknik mudah baca qur an harian’.
2 x 5 itu berlaku dalam kondisi normal, artinya aktivitas kita berjalan biasa – biasa saja, tidak banyak kesibukan. Rumah – sekolah / kampus – rumah lagi, rumah – kantor - rumah lagi. Seandainya 2 x 5 ini masih dianggap sulit, karena kesibukan kita, banyak rapat, tugas keluar kota dll, kita bisa mengubah rumus tadi dengan hasil yang tetap sama. Misal, 1 x 10 artinya kita membaca 1 lembar dalam 10 waktu, bisa setelah sholat fardhu, itu baru 5 lembar, sisanya dibaca diluar waktu sholat itu, bisa setelah sholat malam (qiyamulail), setelah sholat dhuha, atau di sela-sela waktu yang kita punya. Intinya adalah bagaimana kita memenej waktu saja.

Jadi memang rapel-merapel sangat mungkin terjadi dalam 1 day 1 juz. Itu sah tapi hanya berlaku dalam kondisi tertentu saja. Sebagaimana rukhsoh sholat yang hanya berlaku dalam kondisi sakit, bepergian dll. Bukan sebab niat tapi karena tidak ada kesempatan maka waspadalah, waspadalah !
Waktu yang cukup enak buat ngrapel adalah ba’da Subuh dan ba’da Maghrib. Jam-jam itu biasanya cukup ada waktu longgar. Bila Anda adalah orang yang sering keluar kota, keluar kecamatan, atau keluar desa atau pula banyak kesibukan maka pandai-pandailah membagi 10 lembar Qur an dalam waktu luang Anda. Saya yakin Anda adalah orang yang cerdas. Terima kasih.

Purwokerto Kota Satria,
12 Shafar 1431/ 28 Januari 2010
Siap2 shaum Yaumul Bidh
Juz 28, GO !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar