Selasa, 26 Januari 2010

1 day 1 juz for girls

Ass wr wb.mz bayu mslh yg 1 day 1 juz kl yg bwt wnt g5n,kn styp bln azt d’tmu y maks 7hr g bleh bca al qurn.g5n cra_a byr t2p slese ….
waktu & nomor HP lupa ditulis.

Ini lah yang sempat terlewatkan dan terlupakan dalam 1 day 1 juz. Selama ini memang terkesan ‘saya banget’. Artinya ikhwan atau cowok banget. Ya, kaum Adam yang tidak memiliki udzur syar’i untuk libur baca Qur an sebagai mana tiada libur untuk tidak sholat wajib. Nah bagaimana dengan muslimah atau akhwat ? SMS tadi menyadarkan saya bahwa wanita juga ingin dimengerti... he he
SMS diatas sempat saya ’balas’ dengan redaksi kurang lebih seperti ini [maaf SMS balasan terhapus..].
B’arti ada 1 hr mbc lbh dr 1juz : 1, 5 juz. Jth 7juz d: ke 7 hr.shgg 1 x khatam bs tcape.
Tapi di kemudian hari saya ralat. Ini terlalu ngoyo bagi pemula, pikir saya. Saya khawatir malah menjadi beban dan bumerang. Kaidah dakwah islam berkata ’Basysyiru wala tunaffiru, yassiru wala tu’assiru’ artinya berikan kabar gembira jangan mengancam dan mudahkanlah jangan mempersulit. Santai saja. Kalau bisa dipermudah mengapa harus dipersulit. Jadi saya tulis ulang seperti ini.
Jk lg M,libur dl sj. manfaatkn utk cek hafaln juz 30 dg dengern murattal.fokuskan pd 1 day 1 juz sj jngn dl 1 bln khatm 1 x.met mcoba!
Takdir wanita adalah haidh maka ulama yang sekarang menjabat Menteri Sosial di KIB 2, DR. Salim Segaf Al Jufri,M.A dalam buku ’Fiqh Ramadhan’ memakruhkan wanita untuk mengkonsumsi obat penunda haidh karena ingin puasa Ramadhan sebulan penuh. Menstruasi itu fitrah. Kata istri, itu darah kotor yang harus dikeluarkan. Jangan ditahan apalagi dibendung, bahaya.
Terkait dengan membaca Al Qur an, memang ada ikhtilaf [perbedaan] dalam hal ini. Ada ulama yang melarang wanita membaca Al Qur an dengan dalil QS. Al. Waqi’ah [56]: 79.
“tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”
Suci disini bukan suci dzahir saja, melainkan juga suci batin. Sebab hanya orang yang bersih hatinya lah yang bisa menerima nilai Al-Qur an. Namun ayat ini lebih bersifat umum. Maksudnya sebagai wujud cinta dan hormat pada kitabullah maka kita sangat dianjurkan untuk berwudhu dulu sebelum membaca Al-Qur an. Kecuali dalam hal-hal gawat darurat, tak wudhu tak apa, misalnya ada masjid kebakaran. Kalau nunggu wudhu yang sempurna ya habis lah seisi masjid.
Kembali ke 1 day 1 juz. Jadi memang ada pembedaan untuk kaum perempuan. Jadi bagi Anda, wahai kaum hawa, lakukan 1 day 1 juz semampunya. Si wanita boleh membaca qur an selama tidak menstruasi tetap dengan rumus 2 x 5 ; 2 lembar setiap setelah sholat wajib 5 waktu. Fokus kan pada 1 juz selama 1 hari. Target Anda adalah 1 juz per hari bukan 30 juz perbulan tapi bila tetap ingin berprestasi 1 x khatam qur an dalam sebulan ya monggo saja. Met mencoba.

Purwokerto Kota Satria
Senin, 9 Shafar 1431 / 25 Januari 2010
Sang Bayu
fb : komunitas one day one juz
web : 1day-1juz.blogspot.com


kirim pengalaman, kritik & saran Anda seputar 1 day 1 juz
ke oneday_onejuz@yahoo.co.id.
kiriman yang paling jujur berhak nampang di komunitas 1 day 1 juz
dalam versi blog dan facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar